Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Cumi Goreng Tepung, Hidangan Favorit untuk Pembuka Menu Utama

Cumi Goreng Tepung, Hidangan Favorit untuk Pembuka Menu Utama

Jakarta – Kamu pasti tahu hidangan cumi goreng tepung, kan? Nah, hidangan favorit ini ternyata bisa dijadikan sebagai makanan pembuka atau makanan utama, lho. Di Indonesia, cumi goreng tepung biasa disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Sementara itu, di negara bagian barat cumi goreng tepung dikenal sebagai fried calamari yang biasa disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan.

Cumi Goreng Tepung, Hidangan Favorit untuk Pembuka Menu Utama

Kali ini, Berrykitchen akan berbagi cara memasak cumi goreng tepung yang empuk dan renyah. Pasalnya, seringkali kita menggoreng cumi dengan tepung, tetapi tekstur daging cuminya menjadi alot dan keras.

Rebus dan Rendam Cumi, Cara yang satu ini bisa kamu lakukan sebelum menumis atau menggoreng cumi-cumi. Pertama, rebuslah cumi di dalam air sebentar. Ketika air mendidih, segera angkat dan rendam cumi di dalam air dingin.

Selain itu, kesegaran cumi pada saat beli juga sangat berpengaruh dalam menentukan keras atau tidaknya daging cumi tersebut. Agar daging lebih empuk setelah dimasak, belilah cumi segar dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Kamu bisa langsung mencoba tips di atas dengan membuat cumi goreng tepung atau fried calamari sekarang juga. Berikut adalah resep praktis dan mudah untuk membuat cumi goreng tepung.

Cara Memasak Cumi Goreng Tepung
Bahan-Bahan :
12 ekor cumi segar berukuran sedang, dipotong dengan bentuk cincin
1/4 cangkir tepung terigu
1 sdt garam
1 sdt oregano bubuk
1/2 sdt bubuk lada hitam
1 buah lemon, dipotong berbentuk wedges untuk garnish
Minyak goreng

Baca juga: Resep Iga Bakar, Hidangan Spesial yang Lezat

Cara Memasak :
Panaskan minyak goreng di dalam wajan.

Sembari menunggu minyak panas, campurkan tepung terigu, garam, oregano bubuk, dan bubuk lada hitam dalam sebuah wadah.

Balurkan cumi yang sudah dipotong ke dalam adonan tepung.

Goreng cumi selama 2-3 menit saja atau sampai warnanya berubah keemasan, jangan menggoreng terlalu lama agar cumi tidak alot.

Angkat cumi dan tiriskan minyaknya.

Sajikan cumi goreng tepung bersama irisan lemon.

Sebelum mempraktikkan cara memasak cumi goreng tepung ini, jangan lupa untuk melakukan tips agar cumi tidak alot. Hindari overcooked agar tekstur daging cumi tetap empuk dan renyah.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis

Versi Dekstop