Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menilai Ahok Punya Modal Yang Tak Dimiliki Pasangan Lain

Pengamat Menilai Ahok Punya Modal Yang Tak Dimiliki Pasangan Lain

Jakarta – Karyono Wibowo, peneliti dari Indonesian Public Institute (IPI) menilai jika pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat masih unggul dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 meskipun tingkat keterpilihan Ahok mengalami penurunan.

Pengamat Menilai Ahok Punya Modal Yang Tak Dimiliki Pasangan Lain

“Hasil sejumlah survei masih menempatkan Ahok-Djarot dengan tingkat keterpilihan tertinggi di atas dua pasangan lainnya. Artinya, potensi kemenangan Ahok-Djarot tetap paling besar,” ujar Karyono saat dihubungi di Jakarta, Minggu (16/10/2016).

Karyono mengungkapkan, terdapat beberapa alasan Ahok-Djarot lebih berpeluang untuk menang. Pertama, Ahok-Djarot memiliki modal tingkat keterpilihan yang masih relatif jauh di atas pesaingnya yang tidak mudah dikejar.

Posisi Ahok-Djarot sebagai calon yang masih menjabat juga memiliki keunggulan karena dinilai sebagian warga Jakarta berkinerja cukup memuaskan dan berbanding lurus dengan keinginan masyarakat yang ingin mereka kembali memimpin Jakarta.

“Sentimen positif terhadap kinerja Ahok-Djarot saat ini dan pengalamannya menjadi gubernur bisa menjadi modal sosial untuk meyakinkan pemilih. Modal ini tidak dimiliki dua pasangan lain,” tutur Karyono.

Dengan posisinya yang saat ini masih menjabat, Ahok-Djarot juga dapat memengaruhi pemilih dengan kebijakan pembangunan yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Sebagian besar pemilih di Jakarta yang cukup rasional, moderat dan cenderung kosmopolitan memiliki pertimbangan realistis.

“Segmen pemilih ini tidak mudah terpengaruh oleh isu SARA dan cenderung memilih kandidat yang sudah teruji memuaskan kinerjanya, kecuali ada fakta kebijakan yang diskriminatif terhadap kelompok etnis dan agama tertentu,” katanya.

Baca juga: Ahok Curiga Ada Pihak Yang Tak Ingin DKI Punya Pengelolaan Sampah

Sebelumnya, sejumlah lembaga telah merilis hasil survei tentang tingkat keterpilihan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bersaing dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. (Yayan – harianindo.com)

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis

Versi Dekstop