Home > Ragam Berita > Internasional > Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, Terpilih Menjadi Raja Thailand

Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, Terpilih Menjadi Raja Thailand

Bangkok – Thailand masih diselimuti suasana duka. Kondisi berkabung tersebut biasanya terjadi 15 hari. Lalu, Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn dapat diangkat menjadi raja. Nah, hal tersebut pun diungkapkan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha.

Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, Terpilih Menjadi Raja Thailand

”Mengenai suksesi, sesuai dengan konstitusi, warga di Thailand dan luar negeri tidak perlu khawatir atau prihatin. Setidaknya melewati masa berkabung 15 hari terlebih dahulu, baru kita bisa mengaktifkan pasal 23 undang-undang dasar,” ujar Prayuth sebagaimana diberitakan Reuters pada Selasa (18/10/2016).

Sebagaimana diberitakan, Raja Bhumibol Adulyadej meninggal dunia di usia 88 tahun pada Kamis 13 Oktober 2016 di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok. Raja yang telah bertakhta selama 70 tahun itu menderita komplikasi penyakit dan menghabiskan tahun terakhir hidupnya dengan menjalani perawatan.

Baca juga: Belasan Desa di Sekitar Mosul Berhasil Dibebaskan Tentara Irak

PM Prayuth Chan-ocha pekan lalu menyampaikan, pengangkatan Putra Mahkota Vajiralongkorn baru akan dilakukan setelah jenazah ayahandanya dikremasi. Prosesi tersebut baru akan dilakukan setelah melewati masa berkabung selama satu tahun. Namun, Pangeran Vajiralongkorn dapat menjadi Raja Thailand berikutnya sebelum diangkat secara resmi.

Pangeran Maha Vajiralongkorn sendiri telah menunjuk pengganti sementara ayahandanya untuk mengurus Kerajaan Thailand. Kepala Dewan Penasihat Kerajaan Prem Tinsulanonda ditunjuk sebagai pengganti sementara hingga Vajiralongkorn naik takhta pada 2017. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis

Versi Dekstop